Home Agama Mahfud MD Bilang Insya Allah Tak Ada Larangan Mengucapkan Selamat Imlek

Mahfud MD Bilang Insya Allah Tak Ada Larangan Mengucapkan Selamat Imlek

Publik-News.com – Mantan Ketua Mahkamah Kontitusi (MK) mendapat pertanyaan dari sejumlah pengguna media sosial twitter alias netizen soal hukum mengucapkan “selamat imlek” 2018.

Menurut Mahfud, menyampaikan ucapan selamat Imlek, tidak ada larangan dalam Islam. Sebab, ucapan itu sama dengan ketika umat Islam menyampaikan ucapan selamat tahun baru 2018.

“Sama dgn mengucapkanDrlamat Tahun Baru 2018, Insyaallah tidak ada larangan dalam Islam utk sekadar mengucapkan Gong Xi Fat Cai, selamat tahun baru 2569. Mari bangun kedamaian,” cuit Mahfud melalui akun Twitternya@mohmahfudmd, Selasa (13/2/2018).

Hal ini disampaikan Mahfud ketika menjawab pertanyaan dari pengguna Twitter bernama Wawan Nunyai Cane dengan akun @caneyoyok.

Dia bertanya “Pak, jelas adalah larangan dalam islam mengucapkan Selamat Tahun baru China….Istifar pak…mohon maaf tanpa mengurangi rasa hormat…saya terhadap pak Mahfut…tp mengucapkan selamat tahun baru china atau imlek sangat tidak tepat…” tanya dia.

Pertanyaan yang sama juga disampaikan oleh pengguna twitter lainnya, USB@untungsayabaca. Dia bertanya “setuju Prof, mrn Allah Yang Mahakuasa tahu org ngucapin itu hatinya sekedar ucapin atau meyakini agama lain #mohmahfudmd #selamathariraya,”.

Menjawab pertanyaan itu, Mahfud mengatakan bahwa perayaan Imlek bukan upacara keagamaan.

“Imlek itu bkn upacara agama. Ia hitungan tahun Cina yg sdh 2569 tahun; jauh lbh tua dari thn hijriyah Islam yg baru 1439 thn atau tahun masehi yg baru 2018 tahun. Jadi ini hrs kita hormati sbg salah satu petanda peradaban manusia yg sdh tua,” jawab Mahfud. (PN)

Comment