Home Hukum Mahfud MD: Sejak Awal Saya Yakin Dahlan Iskan Tidak Korupsi

Mahfud MD: Sejak Awal Saya Yakin Dahlan Iskan Tidak Korupsi

Publik-News.com – Majelis hakim Pengadilan Tinggi Surabaya menyatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan, tidak bersalah dalam perkara dugaan korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dahlan pun mengajukan upaya banding ke Pengadilan Tinggi Surabaya. Majelis hakim Pengadilan Tinggi mengabulkan banding Dahlan. Banding tersebut akhirnya dikabulkan oleh Pengadilan Tinggi Surabaya menjelang Idul Adha 2017 lalu.

Dibebaskannya Dahlan Iskan dari perkara dugaan korupsi kala menjabat sebagai Direktur Utama PT PWU tahun 2000-2010 mendapat tanggapan dari Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD. Mahfud Menilai sejak dari awal memang Dahlan Tidak Korupsi. Hal itu disampaikan dalam akun twitter resminya.

“Sejak awal Saya yakin dalam kasus BUMD, Dahlan Iskan tidak korupsi, malah nombok. Jadi hakim Pengadilan Tinggi benar. Berharap, jika ada kasasi, Mahkamah Agungs sama dengan Pengadilan Tinggi” Tulisnya dalam akun @mohmahfudmd pada Rabu (6/9/2017).

Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menilai penjualan dua aset PWU di Kediri dan Tulungagung menyalahi aturan dan merugikan negara. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya menyatakan Dahlan bersalah dan memvonisnya dengan hukuman dua tahun penjara.

Dalam putusan banding itu, terdapat perbedaan pendapat atau dissenting opinion dari majelis hakim. Satu anggota majelis hakim berpendapat Dahlan bersalah. Namun akhirnya, majelis hakim yang diketuai Dwi Andriani memutuskan banding Dahlan dikabulkan.

Selain itu juga, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2013 dan Ketua Presidium KAHMI (Korps Alumni HMI) meyakini bahwa vonis tersebut itu benar secara hukum.

“Saya gembira, sahabat baik saya bebas. Saya percaya vonis itu benar secara Hukum” Kata Mahfud MD

Comment