Home Politik Mantan Pimpinan KPK Sebut Penggusuran Adalah Tindakan Koruptif

Mantan Pimpinan KPK Sebut Penggusuran Adalah Tindakan Koruptif

Publik-News.com-Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, menyebut banyak orang yang kurang paham mengartikan makna korupsi. Saat ini pemahaman yang berkembang, korupsi hanya diartikan sebagai perbuatan melawan hukum dan merugikan negara. Padahal maknanya lebih luas dari pada itu.

“Dan Indonesia serta orang-orang hukum dikecilkan maknanya. Karena coruptio (korupsi dalam bahasa latin) itu artinya orang yang tdak menepati janji, orang yang brengsek, orang yang tidak pantas ditiru. Orang yang berkhianat,” ujar Bambang di Posko pemenangan Anies-Sandi di Jalan Cicurug, Jakarta Pusat, Jumat 9 Desember 2016.

Salah satu yang disorot oleh Bambang, adanya janji dari pemimpin ketika terpilih tidak akan melakukan penggusuran. Hal itu sudah menyimpang ketika menjabat dalam pemerintahan melakukan tindakan tidak sesuai dengan janji politiknya saat kampanye.

“Seseorang yang berjanji tidak melakukan gusur tapi melakukan penggusuran itu koruptif, karena ia berkhinat terhadap janjinya,” ujarnya.

Meksi tidak menyebut secara spesifik seseorang yang dimaksud oleh Bambang, namun peryataannya itu mengarah kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ketika menjadi Gubernur aktif kerap melakukan penggusuran.

Bambang menyebut, pemimpin yang kerap menyebut dirinya bersih hanya permainan politik yang hiasi dengan pencitraan di depan publik.

“Seseorang yang pandai menyalahi orang lain tapi tak mengambil tanggung jawab sebagai pemimpin, itu namanya tindakan koruptif.ā€¯ujarnya. (faruq)

 

Comment