Marak OTT, DPR Wacanakan Kepala Daerah Dipilih DPRD

Marak OTT, DPR Wacanakan Kepala Daerah Dipilih DPRD

SHARE

Publik-News.com – Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi (Awiek) menyayangkan kerapnya kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Baru-baru ini, Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi diciduk KPK lantaran diduga melakukan praktek korupsi.

“Di satu sisi, hal ini menunjukkan bahwa KPK semakin serius namun di sisi lain menunjukkan bahwa praktik korupsi sudah akut,” kata Awiek dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2017).

Awiek menjelaskan adanya praktek seperti itu disebabkan kurangnya kontrol dari pemerintah pusat ke daerah. Hal ini dikarenakan diberlakukannya otonomi daerah yang menjadikan kepala daerah mempunyai kontrol penuh atas daerahya.

“Sehingga, yang dilakukan oleh pemerintah hanya pengawasan prosedural. Begitu pun dengan parpol tidak bisa melakukan kontrol penuh. Sebab sejak dilantik, para kepala daerah memiliki otonomi kebijakan yang juga sulit dipantau,” ucap Awiek.

Selain itu, lanjut Awiek, biaya dalam kontestasi saat Pilkada cukup tinggi sehingga kepala daerah  dipastikan korupsi untuk mengembalikan uang yang dikeluarkan saat  Pilkada.

Maka itu, ia menyarankan pemilihan lewat jalur DPRD terbilang efektif untuk menekan kepala daerah melakukan tindak pidana korupsi.

“Salah satunya pemilihan kepala daerah melalui DPRD layak dipertimbangkan kembali mengingat mudlarat pilkada langsung lebih besar. Toh dalam Pancasila sila keempat secara jelas diatur permusyawaratan perwakilan,” jelas Awiek. (Fq)

SHARE
Comment