Masinton Tuding ICW Dapat Kucuran Dana Rp 68 Miliyar Dari Asing

Masinton Tuding ICW Dapat Kucuran Dana Rp 68 Miliyar Dari Asing

SHARE

Publik-News.com –Wakil Ketua Pansus Angket KPK Masinton Pasaribu menuding Indonesia Corruption Watch (ICW) kerap menjual agenda pemberantasan korupsi kepada pihak asing dan memperoleh keuntungan besar.

Masinton menyebut hal wajar jika ICW membela mati-matian KPK karena sudah mendapat kucuran dana miliran rupiah dari asing.

“Perlu diketahui, wajib hukumnya bagi ICW membela buta KPK, karena mereka menjadikan KPK sebagai trademark atau merk dagang yang laku dijual ke lembaga donor luar negeri untuk kepentingan pembiayaan lembaga ICW. Data yang kami terima, total penerimaan dana hibah ICW dari luar negeri sejak 2005-2014 sedikitnya sejumlah 68 miliar rupiah,” kata Masinton di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Masinton meminta ICW lebih berpihak kepada kepentingan dalam negeri yang ingin melakukan pemberantasan korupsi.

“Ingat, usia KPK Indonesia sudah berjalan 15 tahun, indeks persepsi korupsi Indonesia tidak beranjak dari skor seratus. Kita tertinggal jauh dari negara tetangga dekat kita, seperti Malaysia dan Brunei yang skor indeks persepsi korupsi negaranya diangka 40 dan 50,” tukasnya.

“Apalagi membandingkan dengan negara Singapura yang skornya hanya belasan. Karena agenda pemberantasan korupsi adalah tanggung jawab seluruh elemen bangsa dan bukan hanya milik KPK dan segelintir kelompok yang menjadikan agenda pemberantasan korupsi sebagai komoditas dagang ke lembaga donor negara asing,” imbuhnya. (Fq)

 

SHARE
Comment