Mau Ikut Demo 212, 50 Ribu Umat Islam Solo Berangkat ke Jakarta

Mau Ikut Demo 212, 50 Ribu Umat Islam Solo Berangkat ke Jakarta

SHARE

Publik-News.com – Massa aksi unjuk rasa “Bela Islam” jilid III yang bakal berlangsung 2 Desember 2016 diperkirakan terus bertambah. Sejumlah ormas keagamaan mengaku siap datang ke Jakarta bergabung dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI).

Dari Solo Jawa Tengah, misalnya. Dari daerah ini diperkirakan sekitar 50 an ribu massa akan berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi unjuk rasa super damai terkait penistaan agama. Jumlah massa ini terdiri dari beberapa ormas Islam, pengurus dan jamaah masjid se-Solo Raya.

“Solo pasti ke sana ada 50 ribu dari 600 masjid se-Solo,” kata Ketua Laskar Umat Islam Solo, Edi Lukito, Senin (28/11/2016).

Menurut Edi, massa ormas Islam ini tidak bersamaan berangkat ke Ibu Kota dalam rangka menuntut kasus Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok diselesaikan secara tuntas dan transparan.

“Mereka berangkat berfariasi ada yang hari ini, besok dan seterusnya,” pungkasnya sambari mengatakan bahwa keberangkatan umat Muslim se-Solo Raya ke Jakarta merupakan komitmen untuk mengawal kasus penistaan ayat suci Al Qur’an yang dilakukan oleh Ahok.

Lebih lanjut, Edi menambahkan bahwa dalam aksi unjuk rasa “Bela Islam” akan ditunjukkan bahwa massa ormas keagamaan tidak akan makar atau menggulingkan pemerintahan yang sah. Dia menyayangkan adanya pernyataan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan aksi unjuu rasa bakal berpotensi makar.

“Kita akan tunjukan tidak ada makar tapi damai, pemerintah jangan memperkeruh dengan selalu mengucapkan makar, kalau tahu buktikan tangkap orangnya sekarang sebelum berbuat,” tambahnya

Edi berharap tidak ada pencegahan dari aparat kepolisian bagi massa aksi yang sudah dan akan berangkat ke Jakarta. Sebaliknya, dia meminta agar aparat kepolisian mengawal mereka. Edi juga meminta agar massa ormas Islam yang berangkat ke Jakarta mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. (Hasan)

Comment