Mayoritas Calon Pemilih di DKI Masih Ragu

Mayoritas Calon Pemilih di DKI Masih Ragu

SHARE

Publik-News.com – Menjelang pelaksanaan Pilkada DKI 2017 mendatang, setidaknya baru dua kandidat calon gubernur (Cagub) yang sudah mengemuka. Diantaranya, cagub petahana yang didukung Partai Golkar, Nasdem dan Hanura yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan cagub dukungan partai Gerindra Sandiaga Uno (Sandi).

Problemnya, kedua cagub tersebut tak kunjung menemukan pasangan yang dipilihnya untuk disandingkan sebagai Cawagub.

Disatu sisi, telah banyak figur politik yang berusaha mengkampanyekan dirinya untuk turut meramaikan kontestasi perebutan kursi DKI satu. Tetapi, mereka tak kunjung mendapatkan kepastian dukungan dari parpol.

Managing Director Manilka Research and Consulting Herzaky Mahendra Putra mengatakan dinamika politik di DKI saat ini belum memperlihatkan adanya paket pasangan Cagub-Cawagub yang jelas. Hal itu, kata dia, turut mempengaruhi bagi para pemilih untuk memutuskan pilihannya.

“Belum jelasnya paket kandidat cagub-cawagub DKI juga turut mempengaruhi sikap pemilih yang masih belum menentukan sikapnya ini,” ujar Herzaky saat pemaparan hasil surveinya di Bakoel Cofee, Cikini, Jakarta, Minggu (21/8/2016).

Herzaky mengatakan dalam survei yang dilakukan, pihaknya mencoba menggunakan metode simulasi tiga paket kandidat cagub-cawagub untuk direspon responden. Namun, kata dia, responden secara mayoritas menunjukkan keraguannya untuk memilih salah satu kandidat pasangan.

“Hasilnya, Ahok-Heru 21,1 persen. Risma-Buwas 12,5 Persen. Sandi-Yusuf Mansur 11,8 persen. Sementara, yang masih ragu sebesar 43,7 persen dan tidak menjawab sebesar 10,9 persen,” sebutnya.

Seperti diketahui, Manilka Reseach and Consulting melakukan surveinya pada rentang waktu tanggal 6-11 Aagustus 2016. Sample yang digunakan sebanyak 440 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (Multistage Random Sampling) yang tersebar di enam wilayah DKI yakni Jakut, Jaksel, Jakbar, Jakpus, Jaktim dan Kepulauan Seribu. Disebutkan dalam pemaparan survie, terdapat margin error plus minus sebesar s,7 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(Ahmad)

SHARE
Comment