Menag: Ormas Harus Tunduk Pada Pancasila

Menag: Ormas Harus Tunduk Pada Pancasila

SHARE

Publik-News.com-Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pemerintah saat ini sedang mendata kembali organisasi masyarakat (Ormas). Dari data yang diperoleh, sebanyak 250 ribu lebih ormas yang terdaftar,  pemerintah akan meniliti ulang karena dihawatirkan ada ormas anti terhadap pancasila

“Ya itu bagian yang didalami. Intinya adalah di negara Indonesia ini ga boleh ada ormas yang memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan konstitusi,” kata Lukaman di Kantor Menkopolhukam, Jakarta, Rabu, 30 November 2016.

Lukman menambahkan, tidak hanya di kemendagri dan kemenkum HAM yang sedang meneliti ormas anti pancasila, tetapi dari kemenag juga ada ormas, tentu juga akan dilakukan kajian ulang. . “Kemenag punya Ormas keagamaan. Kita punya daftarnya,” ucap Lukman.

Mengenai kebenaran adanya ormas yang anti pancasila, Lukman mengaku saat ini pemerintah masih melakukan pengkajian

“Ya ini kan terus kita pantau, dalami apakah ada ideologi pemahaman dan tindakan yang jelas-jelas, nyata-nyata bertentangan dengan Pancasila,” ujarnya menambahkan.

Begitupun dengan sanksi apabila ditemukan ada  ormas anti pancasila, , Lukman mengaku ada lembaga sendiri yang menindaknya.

“Kan kaitannya di Kemendagri dan Kemenkumham. Kaitannya dengan berbadan hukum.” (faruq)

SHARE
Comment