Home Politik Mendagri Ralat Pernyataannya Terkait Izin Pemutaran Film G30S/PKI

Mendagri Ralat Pernyataannya Terkait Izin Pemutaran Film G30S/PKI

Publik-News.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membantah memberikan izin soal pemutaran film G30S/PKI secara serentak. Bantahan ini disampaikan Mendagri setelah pernyataan diirnya menjadi viral.

Mendagri kemudian merevisi kembali pernyataannya tersebut. Dia dengan tegas membantah jika dirinya telah memberikan izin atau melarang terkait dengan pemutaran film G30SPKI tersebut.

Menurut, Tjahjo Kumolo itu dianggap bukan sebagai kewenangan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Terkait Pemutaran Film G30S, Kemendagri tidak pada posisi memberikan ijin/atau melarang) setahu saya tidak ada peraturan/larangan dari Kemendagri, karena memang bukan kewenangan kami (Kemendagri),” ujarnya dalam siaran tertulisnya, Selasa (19/9/2017).

Diketahui, Mendagri kepada surat kabar nasional mempersilahkan televisi-televisi nasional untuk menayangkan kembali film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI. “Putar saja di stasiun televisi. Menurut saya, tidak masalah,” kata politisi senior PDIP tersebut.

Mendagri mengaku dirinya kerap ditanya oleh teman-teman pers, apa Kemendagri melarang atau mengijinkan? “Saya tegaskan ini bukan wewenang saya mengeluarkan ijin/melarang,” sambung dia.

Mendagri mengatakan setiap masyarakat punya hak dan yang terpenting tapak-tapak sejarah perjuangan bangsa Indonesia harus diluruskan. “Agar dipahami dengan benar oleh generasi muda bangsa Indonesia ke depan,” urainya. (PN)

Comment