Mendagri Sebut Ormas Yang Bakal Dibubarkan Ada di Jawa

Mendagri Sebut Ormas Yang Bakal Dibubarkan Ada di Jawa

SHARE

Publik-News.com – Pemerintah saat ini berencana akan membubarkan ormas radikal setelah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan ormas yang akan segera dibubarkan itu saat ini sedang beroperasi di beberapa provinsi di Pulau Jawa. Namun, Thjajo enggan menyebut idenditas ormas itu

“Iya ini memang ada beberapa ormas kecil, tapi sekupnya provinsi,” ujar Tjahjo di kegiatan Eksibisi Bola Voli antara TNI, Polri dan Wartawan di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat,Jumat (11/8/2017).

Tjahjo menyebut ormas yang akan dibubarkan itu jumlahnya tidak sampai puluhan. Ormas itu disebut Tjhajo beroperasi beberapa provensi di Jawa.

“Nggak, nggak (puluhan) di bawah lima kok. Skalanya kecil saja, dia punya gerakan di lebih dari 4-5 provinsi di Jawa,”kata Tjahjo

Tjahjo mengaku pihaknya sudah berkodinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN), kepolisian, dan kejaksaan untuk menelaah ormas yang dianggap radikal tersebut.

Thahjo menambahkan, dari hasil itu nantinya akan disampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto.

“Harus dilihat dulu bukti kesaksiannya, rekaman video, suara, gambar, yang membuktikan bahwa dia antipancasila atau ideologi lain atau aktivitas-aktivitas yang tidak sesuai Pancasila,” ungkapnya. (Fq)

 

SHARE
Comment