Mendagri Sebut Tidak Bisa Berhentikan Sementara Ahok Karena Cuti, DPR: Enggak Ada...

Mendagri Sebut Tidak Bisa Berhentikan Sementara Ahok Karena Cuti, DPR: Enggak Ada Aturan Begitu.

SHARE

Publik-News.com – Wakil Komisi II DPR Ahmad Riza Patria meminta supaya pemerintah segera mengambil sikap untuk memberhentikan sementara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mengingat Ahok saat ini sudah menyandang status terdakwa

“Kalau menunggu nomor perkara bisa kita pahami, tapi nomor perkara harus segera keluar karena ini sudah hampir dua minggu. Kalau sudah terdakwa harus segera dinonaktifkan, Mendagri harus bersikap tegas,” kata Riza Patria saat dihubungi, Rabu (29/12/201).

Menurut Riza, pemerintah seharusnya sudah mengerti ketika ada kepala daerah menyandang status terdakwa harus segera dinon-aktifkan dari jabatanya sebagai Gubernur.

“Kalau dasarnya cuti sebenarnya tidak relevan, tidak ada hubungannya dengan cuti karena kan tidak melakukan aktivitas. Tapi kan tidak ada aturan untuk penonaktifan seorang terdakwa harus menunggu cuti selesai, engga ada aturan begitu. Artinya orang yang aktif tidak aktif (cuti) ya harus sama perlakuannya,” katanya.

jangan sampai, lanjut Riza, timbul anggapan dari masyarakat ada kesan politis karena Mendagrinya berasal dari partai pengusung Ahok di Pilkada DKI.

“Ya memang di sini kan kita tahu Mendagri dari PDIP dan PDIP mendukung Ahok. Justru itu tantangan menteri kabinet dari partai politik dia harus bisa membedakan tugas sebagai menteri dan kader parpol. Sebagai menteri dia harus melayani seluruh masyarakat, bukan masyarakat partai tertentu. Dia sudah berjanji melindungi, mengayomi dan melayani seluruh masyarakat bangsa,”ujarnya.

Sebelumnya, Mentri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya tidak bisa mengeluarkan surat pemberhentian sementara pada Ahok meski statusnya sudah menjadi terdakwa. Selain karena belum mendapat nomor perkara dari pengadilan, Ahok saat ini sudah mengambil cuti. Jadi, surat pemberhentian sementaranya akan dikeluarkan setelah habis masa cuti kampanyennya. (Fq)

 

Comment