Home Hukum Mendagri Sudah Terima Fatwa dari MA Soal Ahok

Mendagri Sudah Terima Fatwa dari MA Soal Ahok

Publik-News.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengaku sudah menerima fatwa dari Mahkamah Agung (MA) soal status pemberhentian sementara Basuki Tjahja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI.

“Sudah-sudah saya terima Fatwanya,” ujar Tjahjo kepada wartawan di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2017).

Kendati sudah diterima, Tjahjo mengaki tak bisa mempublikasikan isi fatwa dari MA tersebut. Sebab, lanjut dia, fatwa yang disampaikan untuk penonaktifan sementara Ahok yang menyandang status terdakwa penistaan agama ini bersifat rahasia.

“Itu kan bersifat rahasia, jadi tidak bisa saya umumkan,” tambah Menteri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Sebelumnya, Ahok belum diberhentikan sementara sebagai Gubernur DKI. Ahok sudah berkantor kembali setelah melewati masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta.

Kasus tak diberhentikannya Ahok sementara ini mengundang polemik. Pemerintah menganggap tak dapat memberhentikan Ahok karena Ahok sendiri belum mendapatkan keputusan tetap dari pengadilan dalam kasus penistaan agama.

Sementara, bagi yang kontra, Ahok sudah dapat diberhentikan sementara karena ada undang-undang yang mengatur. Ahok bisa aktif lagi sebagai Gubernur jika Presiden mengeluarkan Perppu.

Comment