Mendagri: Tak Ada Ancaman Pemerintah Keluar Dari RUU Pemilu

Mendagri: Tak Ada Ancaman Pemerintah Keluar Dari RUU Pemilu

SHARE

Publik-News.com – Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan tidak ada ancaman pemerintah akan keluar dari pembahasan RUU Pemilu jika nantinya  deadlock. Menurutnya, pemerintah hanya ingin pembahasan ini dilakukan secara musyawarah.

“Apa saya ada kata mengancam? Yang mengancam, mengancam siapa? Opsinya pemerintah ingin musyawarah karena Bapak Presiden sudah menyampaikan ingin meningkatkan kualitas demokrasi 20-25,” ujar Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Tjahjo menjamin pada Pilres 2019 tidak akan ada calon tunggal. Terkait pembahasan RUU Pemilu ini, sudah ada 2 isu krusial yang disepakati. Namun, Tjahjo enggan menjelaskan 2 isu krusial yang dimaksud.

“Sekarang tinggal 3, yang 2 sudah clear. Kalau nggak bisa, bawa ke paripurna. Yang penting per 1 Oktober tidak ganggu tahapan Pilpres. Ini kan disepakati, masih ada waktu sampai Juli meningkatkan lobi yang 3,” jelas Tjahjo.

Menurut Tjahjo, sudah ada komitmen dari DPR dan pemerintah dalam pembahasan RUU Pemilu ini tidak akan deadlock. Jika nantinya deadlock, pemerintah menyarankan dibawa ke paripurna.

“Jangan hanya pemerintah, DPR juga menjamin. Menjamin karena KPU sudah mempersiapkan PKPU. Menjamin itu pemerintah optimis bisa diselesaikan. Kalau deadlock ya voting di Paripurna,” terangnya.(Fq)

SHARE
Comment