Home Nasional Mendagri Tegaskan Pemberhentian Sementara Ahok Dilakukan Setelah Cuti Selesai

Mendagri Tegaskan Pemberhentian Sementara Ahok Dilakukan Setelah Cuti Selesai

Publik-News.com-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya akan mengambil kebijakan untuk memberhentikan sementara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatannya sebagai Gubernur DKI setelah masa cutinya selesai.

Langkah ini diambil mengingat status dari Ahok sudah menjadi terdakwa. “Begitu cutinya nanti habis, kita berhentikan,” ujar Tjahjo Kumolo seusai memberikan ceramah umum bersama Kepala BNN dan Panglima TNI di kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Jumat (16/12/2016).

Thajo menambahkan, langkah untuk memberhentikan sementara Gubernur, Bupati/Wali kota bisa dilakukan setelah kasusnya masuk dalam persidangan. Kecuali, apabila ia terkena operasi tangkap tangan (OTT) maka saat itu juga kemendagri mengeluarkan surat pemberhentian sementara

“Kecuali operasi tangkap tangan korupsi. Kalau operasi tangkap tangan, gubernur, bupati, wali kota, termasuk juga saya, langsung diberhentikan,” tegas Tjahjo.

Karena Ahok saat ini sudah mengambil cuti kampanye, maka pemberhentian sementaranya akan dilakukan setelah cuti habis. Pengecualiaanya, apabila seorang kepala daerah tidak mengambil cuti, maka kemendagri akan mengeluarkan surat pemberhentian sementara setelah keluar surat resmi dari pengadilan bahwa yang bersangkutan kasusnya akan disidangkan.

“Dibebaskan sementara sampai ada proses pengadilan tetap, bisa tingkat pertama, bisa kasasi, bisa sampai banding. Setelah diberhentikan sementara, wakilnya lah yang menggantikan,” jelas mantan Sekjen PDIP ini. (faruq)

 

 

 

Comment