Menkum HAM Sebut Isu 10 Juta TKA Cina Hoax

Menkum HAM Sebut Isu 10 Juta TKA Cina Hoax

SHARE

Publik-News.com – Menkum HAM Yasonna Laoly mencatat selama setahun ini pihaknya sudah mendeportasi tenaga asing bermasalah sedikitnya ada 7.887 yang kemudian dikembalikan kepada negara asalnya.

Menurut Yasonna, isu yang mengatakan jumlah tenaga asing yang berasal dari Cina sebanyak 10 juta itu hanya sebagai kabar hoax

“Kemenkominfo sudah katakan bahwa sudah ketahuan siapa yang memblow up itu semua hoax, jadi sekarang kalau ada data tunjukin ke kita, karena kita sudah ada 7.887 yang kita tindak, di-deportasi karena tidak jelas,” ujar Yasonna saat menggelar jumpa pers di Kantor Kemenkum HAM, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Dari data yang diperoleh, Yasonna menyebut tenaga kerja dari Cina yang masuk ke Indonesia hanya berkisar 21 ribu orang. Sedangkan lainnya 31 orang bekerja dengan menggunakan  Kitas (Kartu Izin Tinggal Sementara).

“Kenapa berbeda dengan data yang 21 ribu Kemenaker? Itu karena yang bekerja 21 ribu tapi kadang-kadang keluar masuk melintasnya pasti lebih banyak dong. Seluruh TKA sekarang 70-an ribu,” tutur Yasonna.

Yasonna meminta semua pihak harus fair. Karena bagimana pun, TKI yang ada diluar negeri juga ditampung oleh negara di mana mereka bekerja. Yasonna memberikan data, TKI yang ada di luar negeri, 2 juta TKI di Malaysia, 200 ribu di Singapura, dan juga ada di beberapa negara lainnya.

“Kita juga harus fair. Sebagai bangsa kita harus fair. Yang penting adalah diawasi, kalau ada yang menyalahgunakan datanya pasti ada sama kami, tercatat 30 hari karena bebas visa, data kita ada overstay, akan kita cari itu di mana,” tutur Yasonna. (Fq)

 

SHARE
Comment