Menpora Ajak Anak Muda Gali Potensi Laut dan Maritim Indonesia

Menpora Ajak Anak Muda Gali Potensi Laut dan Maritim Indonesia

SHARE

Publik-News.com – Pemerintah akan terus mengajak pemuda Indonesia untuk melihat potensi maritim Indonesia yang sangat luar biasa ini. Apalagi potensi laut Indonesia dan pariwisata maritim Indonesia sangat indah dan bagus.

Itulah semangat yang diberikan Menpora di depan 102 peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Selat Karimata 2016 di Aula Wisma Soegondo PP-PON Cibubur.

Kegiatan KPN 2016 yang dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 20 Oktober 2016 ini bertemakan Melalui Kapal Pemuda Nusantara dalam rangka Sail Selat Karimata Tahun 2016 Kita Tingkatkan Kapasitas Pemuda Bidang Kemaritiman Menuju Poros Maritim Dunia.

“Kalian dari seluruh Indonesia bisa berkumpul untuk mengikuti program kapal nusantara karena terinspirasi oleh semangat kekayaan dan keindahan maritim Indonesia. Daratan kita memang tidak seluas lautan tetapi rasanya pemuda Indonesia harus tahu bahwa lautan kita memiliki potensi besar dan lebih hebat dari daratan, ” tambah Imam.

Imam melanjutkan, ketika kalian singga di tempat lain, kalian akan bertemu dengan masyarakat setempat. Itu berarti kalian harus siap berbaur dan beradaptasi di tengah-tengah masyarakat.

“Buat kesan yang baik dengan masyarakat setempat sehingga setelah kalian selesai dari program ini kehadiran kalian di program ini tidak sia-sia. Saya tidak ingin setiap program Kemenpora hanya lewat begitu saja tapi pemuda Indonesia harus menjadi inspirasi perubahan masa depan Indonesia,” tambahnya.

Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda Alman Hudri melaporkan peserta yang terlibat dalam kegiatan KPN 2016 dari 34 Provinsi dengan jumlah peserta 200 orang diantaranya 102 peserta dengan 20 panitia dan pendamping 16 orang dan satgas 15 orang, nara sumber 15 orang, instruktur 16 orang dan alumni 16 orang.

Menurut Alman, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pemuda dan membangun rasa kebaharian di kalangan pemuda dengan rasa persaudaraan dan kerjasama di kalangan pemuda serta mengembangkan jiwa kewirausahaan dengan memanfaatkan hasil laut.

Acara ini diakhiri dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Menpora Iman Nahrawi kepada peserta KPN 2016. Hadir dalam acara ini, Plt Deputi Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal, Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda Djunaedi, Karo Humas dan Hukum Amar Ahmad, serta Stafsus Kepemudaan Zainul Munasichin
(Ali)

SHARE
Comment