Mensos Pastikan Penerima Bansos PKH Naik November 2016

Mensos Pastikan Penerima Bansos PKH Naik November 2016

SHARE

Publik-News.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan jumlah penerima bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan akan naik pada rentang hingga Novenber 2016 nanti. Menurutnya, kenaikan jumlah penerima bantuan itu beranjak dari persentase semula yakni 7 persen menjadi 11 persen.

“Sudah ada verifikasi dan validasi data pada 2015. Sehingga penerima PKH saat ini 7 persen dari masyarakat dengan status ekonomi terendah. Saat ini, 7 persen jumlah penerima atau setara Rp. 3,5 jutaa dan pada November 2016, Insyaallah naik menjadi 11 persen atau 6 juta keluarga yang berhak menerima bansos tersebut,” ujar Khofifah dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Khofifah mengatakan proses distribusi bantuan pada perkembangannya nanti akan dilakukan dengan cara transfer melalui ATM. Dengan metode tersebut, kata dia, penerima dapat melakukan transaksi secara digital di e-warung dengan menyesuaikan pada kebutuhan yang diperlukan.

“Semisal beras, gula, minyak goreng, dan terigu,” sebutnya.

Khofifah menjelaskan proses distribusi dengan penggunaan ATM juga dapat memudahkan bagi pihaknya dalam melakukan pendataan menurut jumlah dan jenis bantuan. Lebih lanjut ia menyampaikan jangkauan layanan menjadi semakin efisien mengingat sudah dilakukan kerjasama antara pihaknya denga sejumlah bank nasional.

“Seperti bank BNI, BRI, Mandiri dan BTN. Melalui kerjasama yang telah dibentuk antara bang BUMN, bisa dipastikan semua layanan bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan EDC,” jelasnya.(Ahmad)

SHARE
Comment