Home Nasional Menteri Agama Minta Polisi Tindak Tegas Ormas Yang Melakukan Sweeping

Menteri Agama Minta Polisi Tindak Tegas Ormas Yang Melakukan Sweeping

Publik-News.com-Menteri Agama , Lukman Hakim Saifuddin meminta supaya masayarakat lebih bijak dalam menyikapi Fatwa MUI yang mengharamkan orang islam memakai atribut nonmuslim jelang perayaan natal.

Lukman menyinggung perihal adanya Sweeping yang dilakukan oleh FPI di pusat perbelanjaan Surabaya. Menurutnya, hal seperti tidak perlu dilakukan, karena disitu ada upaya paksa sehingga bisa merugikan orang lain.

“Menurut saya tidak diperlukan lah sweeping. Sweeping itu kan sebenarnya upaya paksa dengan menggunakan kekerasan. Itu yang dimaksud sweeping,” kata Lukman di kantor Kementerian Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Menurut Lukman, dalam mekukan upaya paksa, yang berhak melakukannya adalah dari aparat kepolisian. Itu pun, kata Lukman. Polisi harus memperhatikan prosedur ketika ingin melakukan upaya paksa dalam menyelidiki sebuah kasus.

“Pemaksaan hanya bisa dilakukan oleh aparat penegak hukum, karena atas dasar hukum,” tegasnya.

Lumkan berharap Ormas tidak melakukan razia yang bisa menimbulkan kekerasan. Lebih baik berkordinasi dengan kepolisian bila ingin menerapkan sebuah aturan, termasuk Fatwa MUI. “Kalau semua ormas melakukan itu (razia) akan menjadi anarkis,” ucapnya.

Maka itu, Lukman memberikan pesan agar polisi bertindak tegas apabila menemukan ormas melakukan cara-cara pemaksaan. . “Kalau satu ormas dibiarkan, maka ormas yang lain juga akan melakukan hal yang sama. Dan itu sangat tidak baik,” kata dia. (faruq)

 

 

 

 

Comment