Menteri Asman Dorong UNAND Cetak Lulusan Berdaya Saing

Menteri Asman Dorong UNAND Cetak Lulusan Berdaya Saing

SHARE

Publik-News.com – Di era globalisasi seperti saat ini diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidangnya masing masing. Salah satu tempat mencetak SDM yang memiliki daya saing adalah Universitas Negeri yang salah satunya adalah Universitas Andalas.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang sekaligus menjadi Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Andalas (IKA UNAND) Asman Abnur mendorong lulusan UNAND dapat berkontribusi dalam membangun daerah maupun negeri.

Dikatakannya lulusan UNAND harus dapat berdaya saing bukan hanya dengan universitas negeri yang ada di Indonesia, melainkan bersaing dengan universitas yang ada didunia. Karena memang jika SDM tidak memiliki kualitas yang mumpuni maka akan tergeser bahkan tertinggal dari negara lainnya.

Menurutnya, jika setiap lulusan universitas tidak ingin tertinggal dengan negara lain, maka mindset harus dirubah serta harus dapat mengikuti teknologi yang tengah berkembang. Jika hal tersebut tidak diterapkan maka dengan cepat negara ini dapat tertinggal dengan negara lainnya.

“Karena perubahan begitu cepat, jika tidak kita ikuti maka siap siap kita akan tertinggal. Maka SDM lulusan UNAND harus dapat berkompetisi di tingkat internasional,” ujarnya dalam acara silaturahmi Ikatan Kelurga Alumni Universitas Andalas, Sabtu (6/5/2017).

Lebih lanjut dirinya menyampaikan perubahan bangsa terletak pada SDM yang dicetak oleh perguruan tinggi negeri. Untuk itu dia berharap agar pihak UNAND dapat merealisasikan hal tersebut dengan demikian SDM Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

Acara yang mempertemukan para alumni UNAND tersebut turut dihadiri dalam Staf Ahli Kementerian PANRB bidang Otonomi Daerah sekaligus anggota IKA UNAND Shadiq Pasadigoe, Ketua Dewan Pembina Fasli Jalal, Sekretaris Dewan Pembina Firman Hasan, Wakil Rektor III UNAND Hermansyah, dan para pengurus IKA UNAND. (PN)

SHARE
Comment