Meski Bermasalah, Kemendagri Tegaskan Proyek e-KTP Jalan Terus

Meski Bermasalah, Kemendagri Tegaskan Proyek e-KTP Jalan Terus

SHARE

Publik-News.com – Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakhrulloh menyebut meski saat ini Proyek-KTP sedang diproses oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pihaknya akan tetap menjalankan program tersebut karena sudah berjalan hampir lima tahun ini.

“Tetap jalan terus,” kata Prof Zudan Arif Fakhrulloh saat dihubung, Jumat (10/3/2017).

Ia mengatakan program e-KTP tidak ada hubungannya dengan kasus yang sedang diproses KPK yang saat ini sudah masuk dalam persidangan

“Semua dilayani Dinas Dukcapil masing-masing,” ujar Zudan.

Ia mencontohkan  yang merasakan langsung manfaat dari program tersebut adalah salah satu karyawan customer service bank swasta di Mampang, Dessy. Ia mengaku dengan program e-KTP seseorang tidak bisa dengan seenaknya membuat rekening ganda.

“Betul, itu salah satu tujuannya,” ujar Zudan.

Seperti diketahui, kasus yang merugikan negara Rp 2,5 triliun itu KPK sudah menyerat dua terdakwa, yakni  mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Kemendagri Sugiharto. Keduanya sudah didakwa KPK dengan menyebut Irman  mendapat uang sejumlah Rp 2.371.250.000, USD 877.700, dan SGD 6.000 yang bila dikonversikan ke rupiah, menjadi Rp 14 miliar dan Sugiharto disebut menerima USD 3.473.830 atau Rp 46 miliar.

Dalam dakwaannya, KPK menyebut beberapa nama pejabat kemendagri dan anggota DPR periode 2009-2014 yang ikut terlibat menikmati hasil korupsi Proyek e-KTP ini. KPK menduga uang yang dibagikan hampir 50 persen dari total nilai Proyek Rp 5 triliunan.(Fq)

 

 

 

SHARE
Comment