Militer Filipina Terusik Isu Kudeta Terhadap Presiden Duterte

Militer Filipina Terusik Isu Kudeta Terhadap Presiden Duterte

SHARE
http://www.jawapos.com/imgs/2016/05/27638_45833_rodrigo_duterte.jpg

Publik-News.com – Negeri Filipina tengah beriak dengan munculnya isu kudeta yang direncanakan untuk menumbangkan presiden Rodrigo Duterte. Rumor itu mengusik ketenangan Militer setempat.

Pasalnya, informasi yang berkembang menyebutkan rencana kudeta dilancarkan oleh salah satu komponen di tubuh militer negeri home of the green revolution tersebut.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Filipina Brigjend Restituto Padilla mengatakan pihaknya tengah melakukan penelisikan sumbu api kudeta sebagaimana gonjang-ganjing politik yang berkembang. Akan tetapi, kata dia, sejauh ini belum ada data yang tertangkap dari pergerakan yang tengah diselidikinya.

“Kami tidak mengetahui asalnya. Tetapi belakangan muncul perkataan-perkataan itu. Itulah yang dapat saya katakan sekarang, kami secara serius menyelidikinya,” ujar Restituto di Manila, Senin (3/10/20016) sebagaiman dikutip dari media AFP.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet pemerintahan Duterte, Leoncio Evasco mengungkapkan keyakinan dirinya terkait adanya geliat kudeta. Ia mengaku melihat adanya indikasi ketidaksukaan dari sejumlah pihak terhadap pola kepemimpinan Duterte.

Leoncio menerangkan pihak-pihak tersebut merupakan kalangan yang selama ini memiliki kaitan dengan operasi bisnis narkoba yang berlangsung di Filipina. Mereka, kata Leoncio, kelompok yang bergantung dan menikmati keuntungan dari bercokolnya para pengedar narkoba di negaranya.

Leoncio juga mencurigai keinginan menumbangkan Duterte dari kursi kepresidenan sangat diinginkan oleh jaringan politik yang tidak sumringah melihat kerenggangan hubungan militer antara Filipina dengan Amerika.

“Perebutan kekuasaan tidak akan berhasil karena rating Duterte di Filipinan tinggi,” ucapnya. (Ahmad)

SHARE
Comment