Minta Menteri Pertanian Diganti, GP Ansor Kirim Surat Terbuka Kepada Jokowi

Minta Menteri Pertanian Diganti, GP Ansor Kirim Surat Terbuka Kepada Jokowi

SHARE

Publik-News.com – Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor disingkat GP Ansor melayangkan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (26/12/2016). Dalam surat tersebut, GP Ansor meminta Jokowi untuk mengganti Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Surat yang ditujukan kepada Jokowi ini agar Jokowi lebih peduli terhadap dunia pertanian di masa pemerintahannya yang tersisa tiga tahun ini. Berikut isu surat yang dikirim dan ditandatangani oleh Ketua Bidang Pertanian, Kedaulatan Pangan dan ESDM Pimpinan Pusat GP Ansor, Adhe Musa Said tersebut.
Surat terbuka Untuk Presiden Jokowi

Kepada Yth,
Presiden Republik Indonesia
Bapak Jokowi
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Salam sejahtera kami sampaikan, semoga Bapak Presiden senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat dan dikaruniai Allah SWT kekuatan dan keteguhan dalam mengemban amanah rakyat Indonesia.

Bapak Presiden, sebelumnya kami telah merelis pernyataan di media massa pada tanggal 21 Desember 2016 kemarin terkait keprihatinan kami atas nasib petani dan dunia pertanian yang masih terpuruk. Selang beberapa hari, kami ingin mengulang kembali pernyataan itu dalam surat terbuka ini, semata untuk mendapatkan perhatian Bapak.

Bapak Presiden yang kami hormati, kita bersyukur terlahir di bumi Indonesia, negeri yang kaya akan sumber daya alam. Negeri yang kaya akan berbagai jenis keanekaragaman hayati. Dengan anugerah sebesar ini sudah seharusnya rakyat Indonesia hidup makmur.

Jika dikelola dengan benar, semestinya Indonesia mampu memenuhi kebutuhan pangan warganya, dengan tanpa harus impor. Bahkan sebaliknya, dapat menjadi negara pengekspor hasil pertanian terbesar di dunia.

Melihat perkembangan selama 2 tahun pemerintahan Bapak Presiden dalam bidang pertanian, dengan mengacu pada program dan hasil kinerja TA 2015 dan TA 2016, serta dengan mencermati rencana program pertanian nasional TA 2017 yang tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, maka trend hasil kinerja ke depan akan menjadikan dunia pertanian Indonesia tidak semakin membaik, bisa jadi semakin terpuruk.

Jika dibiarkan kinerja Menteri Pertanian seperti ini, maka dikhawatirkan akan mengganggu program kerja pemerintahan Bapak Presiden. Lebih dari itu, akan membuat petani semakin menderita. Padahal para petani sebagaimana warga negara lainnya, berhak memperoleh penghidupan yang layak, pendidikan yang baik untuk anak-anak mereka seterusnya.

Bapak Presiden yang kami hormati, mengingat masa pemerintahan Bapak Presiden yang menyisakan waktu 3 tahun lagi, maka dengan segala hormat kami meminta kepada Bapak Presiden untuk mempertimbangkan mereshuffle Menteri Pertanian dan menggantinya dengan figur yang lebih baik yang mampu melakukan terobosan-terobosan yang signifikan dan perubahan cepat demi peningkatan kesejahteraan para petani dan terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia.

Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan meridloi langkah-langkah Bapak Presiden dalam memimpin bangsa ini menuju cita-cita nasional kita. Demikian surat terbuka ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak Presiden kami ucapkan terima kasih. (TK)

Comment