Misi Politik SBY Dikala Menjabat Tangan Megawati

Misi Politik SBY Dikala Menjabat Tangan Megawati

SHARE

Publik-News.com – Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono diisyaratkan membawa misi khusus ketika menjabat tangan Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri di Istana kemarin (17/8).

Pengamat politik Universitas Indonesia, Cecep Hidayat menilai cara yang dilakukan SBY itu agar Demokrat tidak ingin ketinggalan berada di arus koalisi pemerintah demi kepentingan janka pendek, yakni Pilpres 2019.

“Karena Demokrat kan selama ini tidak ada di kubu mana-mana dan tidak ambil bagian,” ujar Cecep, Jumat (18/8/2017).

Menurutnya, Kehadiran SBY itu membuat peta politik seakan berubah. SBY seolah menunjukkan bahwa Demokrat tak akan hilang arah pada pemilu mendatang.

“SBY harus belajar, ketika dia tidak dianggap penting kemarin, dan ketika tidak dapat apa-apa dia harus ambil posisi untuk 2019 nanti,” ujar dia.

Ia menganggap SBY saat ini sedang gencar-gencarnya membangun komunikasi politik. Beberapa waktu yang lalu melakukan pertemuan dengan Prabowo. Belum lama ini, putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono bertemu dengan putra Presdien Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

“Demokrat sekarang sedang melakukan komunikasi ke siapa pun. Kemarin Gibran dan AHY bertemu. Lalu SBY ke Prabowo. Saat itu SBY ngayun (red: menggantung), tidak jelas ngomongnya. Jadi ketika Demokrat ada berubah haluan dia bisa membantah,” ucap Cecep.(Fq)

 

SHARE
Comment