MK Gelar Sidang Perdana Pengujian Perppu Ormas

MK Gelar Sidang Perdana Pengujian Perppu Ormas

SHARE

Publik-News.com – Mahkamah Konstitusi akan (MK) menggelar sidang perdana terkait pengujian Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Yusri Ihza Mahendra mengaku akan meminta nasehat perihal legal standing.

“Pada kesempatan sidang hari ini saya akan meminta nasehat hakim panel MK mengenai legal standing HTI setelah dibubarkan oleh Pemerintah,” ujar Yusril dalam pesan singkatnya, Rabu (26/7/2017).

Menurut Yusril, pemohon adalah mereka yang mempunyai legal standing atau berbadan hukum. Namun, kini status badan hukum HTI sudah dicabut.

“Mudah-mudahan masalah ini dapat dijernihkan dalam sidang pendahuluan ini agar kita tidak membuang-buang waktu,” imbuhnya.

Yusril yakin MK akan sependapat dengannya, bahwa diterbitkannya Perppu ormas itu tidak ada hal kegentingan yang memaksa.

“Saya berkeyakinan MK akan sependapat dengan kami bahwa tidak ada unsur kegentingan yang memaksa yang melatar belakangi lahirnya Perppu. Sedangkan dari segi materinya, Perpu ini jelas-jelas bertentangan dengan asas negara hukum dan melanggar HAM,” tutup Yusril.(Fq)

Comment