MKD Verifikasi Dugaan Pelanggaran Kode Etik Fahri, Fadli Zon dan Pansus Hak...

MKD Verifikasi Dugaan Pelanggaran Kode Etik Fahri, Fadli Zon dan Pansus Hak Angket KPK

SHARE

Publik-News.com – Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR berencana akan melakukan verifikasi terkait laporan dari  Koalisi Tolak Hak Angket KPK (Kotak) yang melaporkan Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan 23 anggota Pansus Hak Angket KPK

“Laporan baru masuk kemarin dan kita langsung verifikasi hari ini sesuai dengan aturan tata beracara. Sedang diverifikasi,” kata Ketua MKD DPR Sufmi Dasco Ahmad melalui pesan singkat, Selasa (13/6/2017).

Ia menambahkan, nantinya MKD akan melakukan verifikasi secara administratif terkait laporan tersebut. Kemudian, baru dilanjutkan pada tahapan verifikasi materi aduan.

“Patokan MKD tetap tata beracara MKD. Jadi verifikasi meliputi administrasi, lalu verifikasi materi aduan,” terang politikus Gerindra tersebut.

Seperti diketahui, Kotak melaporkan Fahri, Fadli, dan anggota Pansus Hak Angket KPK ke MKD DPR karena dianggap melakukan pelanggaran kode etik.

Sementara Kota itu sendiri terdiri dari Tangerang Public Transparency Watch, ICW, Lembaga Bantuan Hukum Pers, Pusat Bantuan Hukum Indonesia, Pusat Pendidikan Antikorupsi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Tangerang Education Center, dan Indonesia Budget Center.

“Adapun substansi laporan kami atas nama diduga Fahri Hamzah, Fadli Zon, dan 23 nama anggota yang terkait Pansus Hak Angket KPK yang bertentangan dengan Undang-Undang MD3. Di dalamnya ada ketentuan harus 1/2 dari anggota DPR dan 1/2 dari anggota DPR yang hadir untuk pansus angket itu. Tapi nyatanya semua tidak sesuai dan transparan,” ujar salah satu anggota koalisi, Julius Ibrani dari Pusat Bantuan Hukum Indonesia di MKD, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/6).

 

SHARE
Comment