MUI: Siapapun Tak Boleh Larang Takbir Keliling

MUI: Siapapun Tak Boleh Larang Takbir Keliling

SHARE

Publik-News.com – Majelis Ulama Indonesia mengimbau acara takbiran keliling sebaiknya dikordinasikan dengan aparat keamanan. MUI menyarankan malam idul Fitri disemarakkan dengan memuji asma Allah.

“Bagi umat Islam yang melaksanakan takbir keliling, perlu menjaga ketertiban umum. Koordinasi dengan pengurus masjid, pengurus lingkungan, dinas lalu lintas, dan aparat keamanan,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh seperti dilansir siaran persnya, Jumat (23/6/2017).

Disamping itu, aparat kemanan harus bisa menjamin keamanan dan ketertiban saat acara takbir keliling. Karena dalam islam, acara seperti itu merupakan ibadah.

“Tidak boleh ada yang menghalangi kegiatan syiar Idul Fitri, dengan dalih apapun,” katanya.

Asrorun mengungkapkan dengan adanya takbir keliling bisa meningkatkan tali silaturrahim. Menurutnya, takbir keliling sebagai saranan menjalin silaturahmi, mendekatkan diri dengan keluarga dekat, keluarga jauh, tetangga, hingga sesama anak bangsa.

Selain itu, Idul Fitri menjadi sarana untuk memperkuat persatuan nasional dan semagat rekonsiliasi. “Idul Fitri dapat mewujudkan persatuan Indonesia dalam bingkai Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata dosen Pascasarjana UIN Jakarta ini.(Fq)

 

 

SHARE
Comment