Myanmar Usir Etnis Rohingya, Ini Respon MUI

Myanmar Usir Etnis Rohingya, Ini Respon MUI

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengecam atas pembantaian militer Myanmar terhadap etnis Rohingya.

Ia berharap pemerintah Myanmar segera memberikan status kewarganegaraan kepada mereka yang saat ini terdampar di perbatasan Bangladesh.

“Jangan sampai dia terkatung-katung tidak punya kewarganegaraan, tidak punya tempat. Mereka sudah puluhan tahun tinggal di sana,” kata Ma’ruf seusai menghadiri akad nikah putri Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang di Karang Asem, Kuningan, Jumat (8/9/2017).

Menurutnya,apabila persoalan ini tidak segera diselesaikan dihawatirkan akan merambat ke negara lainnya.

“Bisa terjadi di negara lain kalau itu tidak dicegah,” ucap dia.

Ma’ruf meminta semua pihak tidak menyalahkan penganut agama Budha di Indonesia. Sebab, umat Budha di negeri ini sudah mengutuk keras insiden itu.

Selain itu, ia meminta tidak ada yang menggalang kekuatan untuk menginterversi negara lain. Menurutnya, penggalangan dana yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat cukup baik.

Statement-statement penggalangan dana saya kira itu masih bagus sekali tapi tidak menggalang kekuatan untuk datang ke sana, hal-hal yang bisa mengintervensi negara lainnya,” ucap Rais Aam PBNU itu.(Fq)

 

 

SHARE
Comment