Oknum Pengoplos Beras Bulog Ditangkap di Jakarta

Oknum Pengoplos Beras Bulog Ditangkap di Jakarta

SHARE

Publik-News.com – Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Brigjend Agung Setya Imam Effendy menyatakan pihaknya telah menangkap dua oknum pelaku kejahatan pengoplos beras Bulog untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa beras yang siap dioplos di sebuah tempat penampungan beras di jakarta.

Menurut Agung, Bulog merupakan lembaga yang memiliki kewenangan mendistribusikan beras ke sejumlah Divisi Regional (Divreg) wilayah sebelum disebar ke sejumlah distributor resmi menurut pemerintah.

“Setelah ditelusuri di Divreg DKI Jakarta, ditemukan dokumen Delivery Order (DO) beras 40000 ton dari Bulog ke PpT. DSU dengan saudara CS sebagai direktur dan ternyata perusahaan itu bukan distributor yang ditunjuk menerima beras import,” ujar Agung di Jakarta, Kamis malam (6/10/2016).

Agung menjelaskan bahwa dari pproses identifikasi yang dilakukan petugas didappatkan keterangan PT DSU yang menerima DO dari perum Bulog. Selanjutnya, kata Agung, rencananya beras akan dikirim ke seseorang yang berisnisial TN dan AS alias SRP.

“Dari AS alias SRP neras itu dikirimkan ke sdr AL untuk selanjutnya dibawa ke gudang di pasar induk Cipinang, Jakarta Timur. Disana, bersa import Bulog dicampur atau dioplos dengan beras lokal asal Demak menjadi beras premium,” ungkapnya.

Diterangkan Agung, didapatkan 152 beras Bulog, 10 ton beras oplosan, 15 ton beras curah merk Palem mas yang berasal dari Demak untuk selanjutnya dicampur dengan beras Bulog.

“Beras Bulog asal Tailand dengan kandungan 15 perden broken (beras pecah). Didistribusikan oleh distributor yang telah ditetapkan pemerintah provinsi. Itupun AL mendapatkan beras bukan dari distributor resmi,” imbuhnya. (Ahmad)

SHARE
Comment