Ormas Sayap PDIP: Jangan Ada Paksaan Nonton Film G30S/PKI

Ormas Sayap PDIP: Jangan Ada Paksaan Nonton Film G30S/PKI

SHARE

Publik-News.com – Ketua PP Baitul Muslimin Indonesia PDI Perjuangan Mahmuddin Muslim mengaku tidak mempermasalahkan film G30S/PKI. Apalagi, film itu sudah dinyatakan lolos oleh Badan Sensor Film Nasional

“Demikian pula, film G30S/PKI karya Alm. Arifin C. Noer pun telah dinyatakan lolos sebagai film yang boleh ditonton sesuai peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Apapun isi cerita film tersebut, maka hargai saja itu sebagai sebuah karya sineas yang perlu diapresiasi,” kata Mahmuddin, dalam keterangannya, Kamis, (21/92017).

Namun, ia tidak terima jika film itu dipaksakan sebagai bentuk kebenaran dalam peristiwa 65. Ia juga tidak setuju jika film itu dipaksakan untuk ditonton.

“Apalagi memaksakan kebenaran versi film tersebut kepada orang lain,” ujarnya menambahkan.

Menurutnya, pembuatan film itu tentu memiliki tafsir sendiri dari pembuatnya yang sewaktu-waktu bisa berubah. “Penulisan ulang sejarah, tentu tidak akan lepas dari subjektifitas penulisnya,” ujarnya.

Ia menyarankan bagi pihak yang tidak setuju dengan film itu agar membuat fim sesuai subjektivitasnya. Ia melihat saat ini kedua belah pihak saling berdebat dan menyebar hoax.

“Cara-cara ini membuat situasi, seolah-olah para pihak yang berdebat seolah-olah kembali hidup di tahun 65. Bahkan isu-isu komunisme saya lihat sudah dijadikan oleh lawan politik pemerintah untuk menyerang pemerintahan Jokowi dan partai pendukungnya,” tuturnya.(Fq)

 

 

SHARE
Comment