Pabrik Semen Rembang Belum Beroperasi, Bukti Taat Hukum

Pabrik Semen Rembang Belum Beroperasi, Bukti Taat Hukum

SHARE

Publik-News.com – Pabrik Semen Indonesia masih belum beroperasi di Rembang. Hal ini dikarenakan investasi yang akan dilakukan selalu mengikuti aturan, yakni masih menunggu hasil dari Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS)

Direktur Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) Rembang M. Sugihariyadi menyebut tidak beroperasinya Semen Indonesia itu sebagai komitmen untuk  menaati aturan. Langkah ini perlu jadi contoh bagi perusahaan lainnya.

“Sebagai akademisi, saya menilainya sebagai sebuah komitmen. Bagaimanapun investasi harus taat aturan. Apalagi, Semen Indonesia sebagai perusahaan `pelat merah`,” katanya di Kabupaten Rembang, Jateng yang dikutip AntaraJateng, Rabu, (20/9) kemarin

“Investasi yang bijak akan selalu menaati aturan. Untuk Semen Rembang, sekarang kan masih tahap Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tahap kedua. Ya, harus menunggu dulu hasil KLHS itu,” imbuhnya

Menurutnya, investasi Semen Indonesia di Rembang sebetulnya tidak mendapat penolakan dari masyakatat. Bahkan, dari ring I menyambut baik adanya Pabrik Semen Indonesia ini.

“Sebelum pendirian pabrik sudah dilakukan studi kelayakan bisnis. Itu pasti dan harus dilakukan untuk melihat aspek yang harus dijalankan, kemudian aspek krusial mengenai kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Semen Indonesia di Rembang itu juga melihat adanya faktor kemiskinan. Ia melihat Pabrik Semen Indonesia tidak hanya membangun pabrik semata, tapi juga memperdayakan masyarakat yang ada disekitar.

“Jadi, tidak melulu merekrut masyarakat sekitar jadi pekerja, tetapi bagaimana memberdayakannya di sektor usaha kecil menengah (UKM), misalnya usaha `laundry`, katering, hingga sewa indekost,” ujarnya.

Ketika ditanya ke tokoh masyarakat Desa Tegaldowo, Dwi Joko Supriyanto membenarkan jika pabrik semen Indonesia itu belum beroperasi di Rembang.

“Mesinnya memang beroperasi, tetapi istilah untuk sepeda motor baru itu `inreyen`, dengan bahan baku yang dibeli dari tambang-tambang rakyat di sekitar sini. Pabrik sama sekali belum menambang,” ungkap dia yang termasuk ring I Semen Rembang.

Disamping itu, kata dia, pabrik semen Rembang masih melakukan perbaikan jalan menuju pabrik ataupun pembangunan lainnya jika nantinya pabrik itu beroperasi.(Fq)

SHARE
Comment