PAN Walk Out di Paripurna, Ini Tanggapan Mendagri

PAN Walk Out di Paripurna, Ini Tanggapan Mendagri

SHARE

Publik-News.com  – Dalam rapat paripurna pengesahan RUU Pemilu, PAN Menjadi satu-satunya parpol pendukung pemerintah yang menyatakan walk out. Sikap PAN ditengarai karena tidak setuju pengambilan voting dalam pengesahan RUU Pemilu.

Menganggapi hal itu, Mendagri Tjahjo Kumolo tidak mau berkomentar lebih jauh soal beda sikap PAN tersebut. Tjahjo mengatakan pembahasan RUU Pemilu sudah selesai.

“Tanya PAN sendiri jangan tanya saya. Saya nggak mau komentar karena tugas kami bersama DPR menyelesaikan UU ini menjadi acuan seluruh parpol baik yang ikut sampai selesai atau walk out, tapi itu bagian paripurna DPR sudah disahkan,” ujar Tjahjo di gedung DPR, Senayan, Jakpus, Jumat (21/7/2017).

Menurut Tjahjo, pengesahan RUU Pemilu sudah dibisa diawakili oleh anggot DPR lainnya. Meski, ada beberapa fraski yang menyatakan walk out, seperti PKS, Demokrat, PAN, dan Gerindra.

“Saya melihat yang diputuskan DPR mewakili seluruh fraksi di DPR. Walaupun ada yang walk out, tapi secara konstitusional memutuskan bahwa sudah dibahas bersama pemerintah,” jelasnya

Sikap walk out ini juga diikuti oleh beberapa pimpinan DPR, yakni  Agus Hermanto (Demokrat), Taufik Kurniawan (PAN), dan Fadli Zon (Gerindra).
Pimpinan sidang kemudian diambil alih oleh Setya Novanto (Golkar) dan Fahri Hamzah (pimpinan DPR yang berasal dari F-PKS. (Fq)

Comment