Paus Fransiskus: Pernikahan Zaman Sekarang Tidak Berlaku

Paus Fransiskus: Pernikahan Zaman Sekarang Tidak Berlaku

SHARE

KOMPAS.COM — Paus Fransiskus memang paus yang modern dan tidak biasa. Setelah menggelar pertemuan dengan blogger Youtube, kali ini Paus Fransiskus berkomentar mengenai pernikahan, terutama mengenai kesucian pernikahan.

Bahkan, dengan berani, Paus Fransiskus berkata di acara tanya jawab setelah rapat Keuskupan Roma, “mayoritas dari pernikahan sakramen kita sekarang tidak berlaku.”

“Karena mereka berkata, ‘ya, untuk seumur hidupku!’, tetapi mereka tidak tahu apa yang mereka katakan. Karena mereka memiliki budaya yang berbeda. Mereka mengatakannya, mereka memiliki maksud yang baik, tetapi mereka tidak tahu,” ujarnya.

Dia melanjutkan, “mereka tidak tahu bahwa hal tersebut tidak bisa dibatalkan, mereka tidak tahu bahwa hal tersebut untuk seumur hidup. [Pernikahan] itu sulit.”

Saking skeptisnya, Paus Fransiskus memberitahu bahwa dia pernah menghentikan pasangan yang terburu-buru menikah karena hamil di luar nikah ketika sedang menjabat sebagai Uskup Agung Argentina.

Kemudian, Paus Fransiskus memberi contoh bahwa di Argentina, kebanyakan orang yang mengikuti kelas persiapan pernikahan hidup bersama sebelum menikah.

Dia berkata, “mereka memilih untuk hidup bersama, dan ini adalah sebuah tantangan, sebuah tugas. Bukannya bertanya, ‘mengapa kalian tidak menikah saja?’ Bukan. Tapi untuk menemani, untuk menunggu dan membantu mereka untuk tumbuh dewasa, membantu kesetiaan untuk tumbuh.”

“Aku melihat banyak kesetiaan dalam hidup bersama, dan aku yakin bahwa ini adalah pernikahan yang sebenarnya, mereka memiliki berkat pernikahan yang sebenarnya karena kesetiaan mereka,” pungkasnya. [Kompas.com Sabtu, 18 Juni 2016 | 11:04 WIB]

SHARE
Comment