PB HMI Himbau Kadernya di Tanjung Balai Bantu Menenangkan Masyarakat

PB HMI Himbau Kadernya di Tanjung Balai Bantu Menenangkan Masyarakat

SHARE

Publik-News.com – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menghimbau kepada kadernya yang berada di sekitar Tanjung Balai, Medan, Sumatera Utara ikut menenangkan masyarakat agar kerusahan yang barbau SARA (Suku Agama Ras dan Antar-golongan) seperti yang terjadi pada Jumat (29/07/2016) malam kemarin tidak terulang kembali.

“HMI mempunyai visi untuk menyebarkan nilai-nilai keislaman yang menjadi rahmat di manapun dan kapanpun. Dan saya menghimbau kepada seluruh kader dan anggota HMI di Tanjung Balai Medan untuk bahu-membahu menyebarkan pesan damai kepada masyarakat demi menjaga keutuhan umat, bangsa dan negara,” ujar Ketua Umum PB HMI, Mulyadi P Tamsir, Sabtu (30/7/2016).

Menurut Mulyadi, peristiwa yang dipicu oleh salah seorang perempuan etnis Tionghoa tersebut tidak dilarang oleh ajaran semua agama. Agama mengajarkan kepada umatnya agar mengedepankan sikap toleransi dan menyebar perdamaian. Dengan demikian, kerusuhaan massa yang menyebabkan aksi anarkis seperti pembakaran rumah ibadah vihara dan klengkeng di Tanjung Balai, bukanlah ajaran agama.

“Tapi semua pihak harus sama-sama menahan diri, saling menghormati, saling menghargai demi terjaganya ketertiban dan kondusifitas antar umat beragama khususnya bagi masyarakat yang ada di Tanjung Balai, Medan, Sumatra Utara,” katanya.

Lebih lanjut, Mulyadi meminta pemerintah bertindak cepat agar peristiwa serupa tidak terulang kembali di masa-masa yang akan datang. Dalam hal ini, langkah antisipasi dari aparat penegak sangat diperlukan. “Supaya kerusuhan segera dapat diatasi dan tidak melebar kemana-mana,” ujarnya.

(Umam)

Comment