PB HMI MPO Tak Mengakui Keberadaan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi...

PB HMI MPO Tak Mengakui Keberadaan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi Yang Melaporkan SBY

SHARE

Publik-News.com – Pengurus Besar HMI (MPO) tidak mengakui keberadaan organisasi yang mengatasnamakan Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi yang melaporkan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bareskrim Polri.

PB HMI MPO menyangkan langkah Mustaghfirien yang mengaku Koordinator Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi dan menduga SBY melakukan tindak pidana penghasutan saat pidato di kediamannya di Cikeas, Bogor, Selasa (2/11/2016) serta menyebabkan aksi unjuk rasa “Bela Islam” berujung bentrok pada 4 November 2016 lalu.

Tak terima Mustaghfirien membawa nama HMI, PB HMI mengeluarkan pernyataan sikap. Berikut pernyataan sikap PB HMI MPO yang ditandatangi dan dibacakan oleh Muhammad Fauzi selaku Ketua Umum dan Endri Soemantri selaku Sekjen, Jumat (11/11/2016).

Saat ini banyak media memberitakan tentang Pelaporan terhadap mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) oleh sekelompok orang yang mengatasnamakam alumni HMI. Melalui laporan di Bareskrim Polri (Kamis,10 November 2016), sekelompok tersebut menamakan dirinya sebagai Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi. Poin utama pelaporan adalah tuduhan terhadap mantan Presiden SBY karena dianggap menghasut dan mengajak aktivis HMI untuk melakukan Aksi Damai 4 November 2016.

Menanggapi pemberitaan yang ada,sekaligus untuk meluruskan perjuangan Aksi Damai 4 November 2016. Kami, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menyatakan:

1. Aksi Damai 4 November yang dilakukan oleh HMI adalah aksi yang dilakukan tanpa provokasi pihak manapun. Aksi tersebut adalah aksi nyata perjuangan umat Muslim untuk menyampaikan aspirasi. Oleh karena itu, ini merupakan pilihan HMI dalam bersikap sebagai gerakan independen.

2. Tidak ada hubungan antara Pidato mantan Presiden SBY dengan sikap aksi HMI, karena Pidato mantan Presiden SBY adalah hak pribadi, dan aksi HMI adalah hak berkelompok yang dijamin oleh konstitusi. Sikap aksi HMI terbebas dari kepentingan politik pragmatis dan provokasi pihak manapun.

3. HMI menghormati hak seseorang untuk melaporkan dugaan tindak pidana,namun sangat disesalkan terdapat kelompok yang secara sepihak mebawa nama alumni HMI. Pembawaan nama HMI ini perlu dipertanggungjawabkan karena secara nyata telah mencari keuntungan atas nama HMI.

4. Korps Alumni HMI (KAHMI) adalah wadah alumni HMI yang representatif untuk mewakili alumni HMI saat ini. Sedangkam Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi tidak dikenal dalam struktur organisasi KAHMI.

5. HMI tetap memperjuangkan agenda Aksi Damai 4 November termasuk mengutuk upaya-upaya penangkapan relawan aksi. HMI juga TIDAK MENTOLERIR pihak manapun yang mencari keuntungan dengan membawa nama baik HMI dan alumni HMI.

Demikian sikap ini untuk diketahui semua pihak.
KETUA UMUM
Muhammad Fauzi
SEKRETARIS JENDERAL
Endri Soemantri
(HR)

Comment