PBNU: Stop Kekerasan Pada Muslim Rohingya!

PBNU: Stop Kekerasan Pada Muslim Rohingya!

SHARE

Publik-News.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengutuk keras adanya kekerasan yang kembali dialamatkan kepada Muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.

“Kami mengutuk keras kejadian yang terjadi di Rakhine, Negara Bagian Myanmar. Penyerangan dan kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya harus segera diakhiri. Apapun alasannya dan motifnya, kekerasan tidak bisa dibenarkan dan ditolelir,” ujar Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/8/2017).

Ia mendesak organisasi dunia dapat membantu menyelesaikan konflik yang tak kunjung usai itu. Menurutnya, alasan beda keyakinan tak bisa dijadikan alasan untuk menyerang

“Kami mendesak pihak-pihak terkait, utamanya pemerintah Myamar, Dewan Kemanan PBB dan juga ASEAN untuk pro aktif dan mengambil langkah strategis untuk menyelesaikan tragedi kemanusiaan ini. Perbedaan keyakinan dan ideologi tidak bisa dijadikan alasan untuk memberangus yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, Islam sangat menghormati adanya perbedaan keyakinan, hal itu sudah dipraktekkan sejak zaman Nabi.

“Saya mengutip maqolah Sayyidina Ali bahwa mereka yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan. Ini penting diungkapkan untuk menunjukkan bahwa betapa kemanusiaan adalah basis utama untuk membangun apa yang disebut dengan perdaiaman,” kata Helmy.(Fq)

 

SHARE
Comment