Pelindo III Salurkan Bantuan Modal 100 Juta Kepada UKM Sepatu

Pelindo III Salurkan Bantuan Modal 100 Juta Kepada UKM Sepatu

SHARE

Publik-News.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III kembali memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) pada Jumat (7/10) di Terminal Teluk Lamong.

Bantuan diberikan kepada para UKM sepatu sekitar Kelurahan Tambak Osowilangon dan Kelurahan Romokalisari berupa alat modal kerja mesin jahit sebanyak 13 unit dan alat pres sepatu otomatis beserta kompresor sebanyak 5 unit.

Sebelumnya, Pelindo III telah berkoordinasi dengan Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK) di 7 kelurahan sekitar Terminal Teluk Lamong dan Forum Komunikasi yang dibentuk oleh LKMK 7 kelurahan. Melalui koordinasi tersebut, diperoleh informasi adanya home industry yang bergerak di bidang pengrajin sepatu sebanyak 80 home industry.

“Melalui program KBL ini, kami Pelindo III Group berupaya untuk dapat terus berkontribusi langsung dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dengan bersinergi bersama pemerintah daerah setempat melalui program-program pemberdayaan masyarakat seperti ini,” ujar Husein Latief, Direktur Teknik Teknologi Informasi dan Komunikasi Pelindo III dalam sambutannya.

Selain memberikan bantuan modal kerja, Pelindo III juga memberikan bantuan pinjaman lunak melalui program kemitraan senilai 100 juta rupiah kepada Koperasi Sepatu dan 6 UKM Sepatu. Disamping itu, selama 3 hari penerima bantuan juga mendapatkan pelatihan kewirausahaan dan manajemen usaha demi menunjang kesukseskan usaha.

Program bina lingkungan serupa juga telah diselenggarakan pada Bulan Mei lalu. Sebesar 310 juta rupiah diberikan dalam bentuk pembagian tempat sampah, pemberian pompa air, jaring ikan, pembangunan balai nelayan, rumah pantai, pemasangan paving, perbaikan pos kamling, pembuatan sanitasi rumah, tutup saluran air, pembangunan gapura, dan renovasi balai.

“Semoga kegiatan ini dapat mendorong perekonomian warga sekitar khususnya kami para pengrajin sepatu,” ujar salah satu warga penerima bantuan.
(Ali)

SHARE
Comment