Pemda Dapat Predikat WTP, Menpan RB: Belum Ada Hasil

Pemda Dapat Predikat WTP, Menpan RB: Belum Ada Hasil

SHARE

Publik-News.com – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur mengatakan tidak ada jaminan bagi pemerintah daerah yang mendapatkan laporan keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) akan memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Ia mengatakan meski Pemda mendapat predikat WTP namun hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) C.

“Setiap daerah itu, setiap tahun anggarannya habis, serapannya tinggi dan laporan keuangannya WTP. Tapi pas ditanya hasilnya apa? Mereka mikir apa ya. Artinya target yang sudah ditetapkan itu tidak pernah dievaluasi,” tuturnya di Kemen PAN RB, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Ia menyebut permasalahan yang paling mendasar terletak pada kualitas  aparatur sipil negara (ASN) khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja yang orientasinya hanya penyerapan anggaran semata.

Ia kemudian mencontohkan suatu daerah penyerapan anggarannya habis namun dari segi pelayanannya kurang dirasakan oleh masyarakat.

“Contoh membuat pengairan (irigasi). Tapi sumber airnya enggak ada. Sudah selesai (dibangun) tapi tidak pernah dialiri air. Karena dari awal enggak dipikirkan sumber airnya, hanya yang penting program jalan, anggaran habis. Harusnya kan dipikirkan dulu sumber airnya,” tutur Asman.

Dikatakannya, penyebab dari semua ini selain tidak memiliki kemampuan yang cukup baik, PNS rata-rata tidak memiliki target dalam bekerja. Hal ini berbeda dengan pegawai swasta yang selalu dikejar dengan target.

Maka itu, lanjutnya, dari permasalahan ini pembenahan yang dilakukan adalah dari sistem manajemen pekerja yang dinilai dari kinerja. Kinerja ini bisa dilihat dari SAKIP. Nantinya, kata dia, semua kementerian/lembaga (KL) harus memperoleh nilai evalusi SAKIP minimal B.

“Kalau B saya pastikan itu antara program dengan kegiatannya nyambung, karena selama ini banyak yang enggak nyambung,” tandas dia. (Fq)

 

 

SHARE
Comment