Pemerintah Diminta Tetapkan Harga Gas Untuk Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Pemerintah Diminta Tetapkan Harga Gas Untuk Industri Tekstil dan Produk Tekstil

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat meminta, pemerintah agar segera menetapkan kebijakan harga gas yang kompetitif untuk industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional agar mampu berdaya saing di pasar global.

“Kami harapkan setidaknya harga gas sekitar USD 7 per MMBtu, karena kebutuhan energi gas bagi industri ini di atas 25 persen,” ungkapnya.

Selain itu, Ade juga pemerintah untuk mempercepat implementasi perjanjian perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) antara Indonesia dengan Uni Eropa melalui skema kerja sama ekonomi komprehensif atau comprehensive economic partnership agreement (CEPA).

“Hal ini untuk mendongkrak kinerja dan ekspor industri TPT nasional, bahkan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan industri TPT nasional menjadi tuan rumah di negeri sendiri sekaligus masuk dalam jajaran lima besar negara eksportir TPT dunia. Untuk itu, Kementerian Perindustrian menginisiasi pemetaan kebijakan yang potensial guna mendongkrak ekspor industri TPT nasional.

“Pemerintah menetapkan industri TPT sebagai salah satu sub-sektor pada industri pengolahan yang dikategorikan sebagai industri strategis dan prioritas nasional,” tegas Menperin Air Langga.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment