Pemerintah Prioritaskan Dana Tax Amnesty Untuk Bangun Infrastruktur

Pemerintah Prioritaskan Dana Tax Amnesty Untuk Bangun Infrastruktur

SHARE

Publik-News.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan pemerintah memprioritaskan dana dari program tax amnesty untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Bambang mengatakan dalam rangka pembangunan ke depan, pemerintah telah menentukan proyek pembangunan infrastruktur dalam pembagian-pembagian menurut penanggungjawab pendanaan. Menurutnya, pembangunan yang dicanangkan pemerintah ada yang dibiayai menggunakan kerjasama BUMN, didanai swasta, atau sepenuhnya APBN.

“Swasta itu hanya akan masuk, di jalan tol, pembangkit listrik, pelabuhan besar dan bandara besar. Sisanya ya BUMN, kerjasama pemerintah badan usaha, dan ada yang harus APBN seperti jalan arteri, waduk, irigasi, sanitasi itu harus APBN dan APBD,” ujar Bambang di Universitas Indonesia, Jakarta, Minggu (2/9/20016).

Bambang mengatakan pemerintah saat ini tengah fokus dalam memastikan bidang yang akan dibangun. Selain itu, kata dia, penentuan pihak yang akan membangun.

“Supaya infrastruktur lebih cepat dibangun harus ada ketegasan mana yang bisa dibangun swasta dan mana yang harus dikerjakan pemerintah. Jangan yang bisa dikerjakan swasta dikerjakan pemerintah juga atau BUMN,” ungkapnya.

Bambang mengapresiasi pemerintah yang dinilainya sukses mengumpulkam pencatatan harta deklarasi yang menembus Rp.3.500 triliun dalam waktu tiga bulan. Menurutnya, program tax amnesty dapat memperbaiki regulasi perpajakan serta menambah penerimaan nasional.

“Ternyata jauh diatas perkiraan banyak orang. Jadi artinya satu, menambah penerimaan tahun ini. Kedua, tax base banyak wajib pajak baru yang lebih benar catatan hartanya,” paparnya. (Ahmad)

SHARE
Comment