Home Politik Pemilu 2019, Demokrat Rekrut Caleg Mantan Gubernur, Bupati, Tokoh Ormas, Artis dan...

Pemilu 2019, Demokrat Rekrut Caleg Mantan Gubernur, Bupati, Tokoh Ormas, Artis dan Atlet

Publik-News.com – Partai Demokrat sudah mulai melakukan rekrutmen calon anggota legislatif, baik tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan datang.

Sekretaris Departemen Dalam Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Abdullah Rasyid, mengatakan partainya tidak hanya ingin menjadikan kader internal sebagai caleg, tapi juga membuka peluang kepada pihak eksternal untuk menjadi calon Wakil Rakyat melalui kendaraan partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

“Demokrat membuka peluang untuk semua kalangan karena Demokrat ini kan partai terbuka,” ujar Rasyid saat berbincang dengan Publik-News.com, di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Kendati sebagai partai terbuka, Rasyid menegaskan bahwa partainya tetap melakukan seleksi secara ketat kepada pihak eksternal yang hendak menjadi caleg dari Demokrat. Ada beberapa kriteria yang menjadi prioritas Demokrat merekrut caleg dari eksternal. Misalnya, kata dia, caleg dari eksternal itu tidak hanya bermodal soal duit, tapi juga soal popularitas.

“Kita menyadari tentu semua orang punya modal. Modal itu buka cuma uang, tapi juga modal sosial,” tukasnya.

Modal sosial yang dimaksud Rasyid, adalah tokoh masyarakat yang memiliki pengikut atau jemaah. Bagaimana soal kapasitas?
Rasyid menegaskan bahwa Demokrat siap memberikan pelatihan pendidikan politik kepada caleg yang kapasitasnya kurang mampuni.

“Demokrat akan memberikan pelatihan bagaimana misalnya menjadi Wakil Wakyat menghadapi konstituen. Ada pelatihan-pelatihan semacam itu dan itu sedang berjalan,” katanya.

Lebih lanjut, Rasyid menambahkan bahwa saat ini Demokrat terus melakukan konsolidasi dengan berbagai kalangan. Misalnya, konsolidasi dibangun dengan
sejumlah mantan Gubernur, Bupati, Walikota, tokoh ormas, artis dan para atlet. Konsolidasi ini dalam rangka mengajak mereka menjadi caleg melalui Demokrat.

“Tentu Demokrat mencari tokoh-tokoh baru. Artisnya ada Vicky Shu dan atletnya ada Ricky Ahmad Subagja dan Yohannes Christian John. Selain itu, tokoh lokal, mantan bupati, gubernur dan tokoh masy yang punya jamaah,” katanya.

Untuk diketahui, Demokrat resmi menjadi peserta Pemilu 2019 dan mendapat nomor urut 14 pada pesta demokrasi nasional lima  tahunan tersebut. (PN).

Comment