Home Hukum Penangkapan Aktivis,7 Orang Dilepas, Bintang Pamungkas Tetap Ditahan

Penangkapan Aktivis,7 Orang Dilepas, Bintang Pamungkas Tetap Ditahan

Publik-News.com-Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Martinus Sitompul, menjelaskan saat ini dari 10 orang yang ditangkap pada jumat dini hari, 2 Desember, 7 orang sudah dipulangkan.

Dalam pantauan Publik-News.com, dari tiga orang masih ditahan, salah satunya adalah aktivis senior Bintang Pamungkas

“Tujuh orang dikembalikan atau dipulangkan karena subjektivitas penyidik. Tiga orang ini J, R, dan SBP,”katanya dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu 3 Desember 2016.

Martinus melanjutkan, sejumlah aktivis tersebut ditahan sejak jumat pukuk 22.00 WIB. Dalam 20 hari ke depan, mereka akan ditahan. Dua orang dikenakan pasal UU ITE sedangkan satu lagi disangka dengan makar.

“Barang bukti nanti saya sampaikan. Info baru tadi pagi dari penyidik diselesaikan. Sementara komunikaai terbatas. Kami harap penyidik bisa sampaikan banyak info,” kata Martinus.

Dalam UU terkait info publik, dalam tahap penyidikan sampai penyidikan pasti ada konskuensi baru sehingga belum bisa diputuskan apakah bisa dibuka atau tidak.

“Tapi karena penyelidikan ini menjadi pusat perhatian akan kita buka. Tapi tak semua dibuka. Masih banyak yang harus dibuka,” kata Martinus.

Sebelumnya, pada jumat dini hari, (2/12) Polda Metro Jaya menangkap sepuluh aktivis atas dugaan makar. Mereka adalah Ahmad Dhani, Eko, Brigadir Jenderal (Purn) TNI Adityawarman Thaha, Mayjen (Purn) TNI Kivlan Zein, Firza Huzein, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, Sri Bintang Pamungkas, Jamran, dan Rizal Kobar. (faruq)

Comment