Penangkapan Kader HMI Tidak Sesuai Prosedur, HMI Dibela 200 Pengacara

Penangkapan Kader HMI Tidak Sesuai Prosedur, HMI Dibela 200 Pengacara

SHARE

Publik-News.com-Koordinator tim kuasa hukum HMI, Muhammad Syukur Mandar mengaku telah menyiapkan langkah hukum dengan menyiapkan 200 pengacara untuk menolak tindakan kepolisian menangkap lima kader HMI yang tidak sesuai dengan prosedur.

“Kami hampir 200 orang kuasa hukum yang mendampingi teman-teman HMI yang disangkakan oleh Polda Metro Jaya terkait dengan aksi 4 November kemarin,” ujarnya, Rabu (8/11/2016)

Syukur menjelaskan apa yang dilakukan kepolisian menangkap Sekjen PB HMI Ami Jaya misalnya,  tidak sesuai prosedur. Harusnya dipanggil dulu, jangan bertindak seakan mereka itu adalah buronan yang harus diberlakukan dengan cara-cara yang tidak manusiawi.

“Sekjen dan teman-teman diduga sebagai provokator lalu diambil secara paksa. Seharusnya dilayangkan panggilan secara normal dahulu. Tapi ini kan diambil secara paksa, secara melawan hukum,” tuturnya.

Dengan hal seperti ini, selasa kemaren (7/11) tim kuasa hukum telah mengadukan ke Komnas HAM atas perlakuan aparat kepolisian dengan mengambil paksa lima orang kader HMI

“Padahal, KUHP kita jelas, setiap orang yang disangkakan atau diperiksa memiliki hak hukum memiliki penasihat hukum itu yang sama sekali tidak terjadi,” katanya. (faruq)

SHARE
Comment