Pengamat: Generasi Milenial Jadi Penentu Kemenangan Parpol 2019

Pengamat: Generasi Milenial Jadi Penentu Kemenangan Parpol 2019

SHARE

Publik-News.com – Pengamat politik dari Charta Politika Muslimin, mengatakan partai politik atau calon pemimpin tidak boleh apatis terhadap generasi muda atau generasi milenial. Sebab, menurutnya, generasi milenial akan menjadi penentu kemenangan partai dalam Pemilu 2019 yang akan datang.

“Generasi milenial sangat mempengaruhi kemenangan pemilu 2019, yang berjumlah 45% dari total penduduk. Pamuda sebagai responden, (swinng voters) yang mayoritas belum menentukan pilihan. Saat ini pemuda juga menjadi penentu bagi pihak-pihak yang mempengaruhi di dalam keluarga, selain selama ini bapak dan atau ibu-ibu,” ujar Muslimin.

Hal tersebut dipaparkan Muslimin secara gamblang dan konfrehensif saat menjadi pembicara diskusi bertajuk “Startup Politik: Membaca Arah Baru Politik Generasi Milenial,” di Cafe Cikini Lima, Menteng, Jakarta Pusat (28/10/2017). Diskusi publik ini diselenggarakan Himpunan Jurnalis Indonesia (HJI).

Lebih lanjut, Muslimin menambahkan bahwa calon pemimpin yang dibutukan generasi milenial adalah figur yang terbuka, transparan, dan sederhana. Hal yang tak kalah penting bagi generasi milenial ini adalah figur sederhana, tampil apa adanya, dan egeliter.

Makanya, menurut Muslimin, partai politik dan calon pemimpin harus melakukan pendekatan kepada generasi milenial untuk meraih simpati dan dukungan.

“Kedepan, pemuda bukan komoditi, tapi dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Perilaku pemuda, adalah berkomunitas, misalnya berporos pada isu-isu tertentu, misalnya lingkungan, kerelawanan dan lain-lain,” tukas pemuda asal Jambi yang pernah menjadi Dirut Bakornas Lapmi PB HMI ini. (HR/PN)

Comment