Pengamat: Kondisi PPP Saat Ini Kritis Pasca Ahok Keok

Pengamat: Kondisi PPP Saat Ini Kritis Pasca Ahok Keok

SHARE

Publik-News.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat ini dinilai sudah berada dalam kondisi yang kritis pasca paslon yang mereka dukung di Pilkada DKI, Ahok-Djarot tumbang.

Pengamat politik dari UIN Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan PPP saat ini sudah mulai kehilangan kepercayaan dari pendukungnya. Hal ini dikarenakan perbedaan sikap arus bawah yang menolak mendukung calon petahana.

“PPP sedang diujung tanduk. Citra PPP tergerus dan rusak pasca memberikan dukungan ke Ahok. PPP meninggalkan dan mengangkangi suara akar rumput “grasroot” yang selama ini tak mendukung Ahok. Namun petinggi dan elite PPP mengkhianati suara atau suara kader akar rumput,” ungkap Pangi saat dihubungi di Jakarta, Jumat (05/05/2017).

Menurutnya, apabila partai politik sudah tidak mengindahkan suara arus bawah dengan sendiriya akan kehilangan kepercayaan dan dukungan dari kader.

“Implikasinya PPP mulai kader dan konstituennya meninggalkannya karena suara atau kehendak mereka dikhianati oleh elit,” imbuh dia.

Pangi melanjutkan, kondisi PPP yang memprihatinkan ini tidak menutup kemungkinan ada gerakan arus bawah yang ingin mengangganti pimpinannya. Namun, kata dia, hal itu tergantung dari kekuatan kader PPP.

“Itu semua tergantung pengurus dan kesepakatan (konsensus) di internal sendiri apakah akan melakukan regenerasi atau penyegaran pengurus parpol atau tidak. Saya kira kepemimpinan sekarang perlu di evaluasi karena berani keluar dari trayek menabrak AD/RT dan azaz sebagai partai berlandaskan Islam,” pungkasnya. (Fq)

SHARE
Comment