Home Politik Pengamat Sarankan Pemerintah dan Freeport Hindari Ego Sektoral

Pengamat Sarankan Pemerintah dan Freeport Hindari Ego Sektoral

Publik-News.com – Pakar komunikasi Emrus Sihombing mengatakan perbedaan pandangan yang semakin meruncing antara pemerintah dan Freeport lebih disebabkan oleh ego sektoral. Masing-masing pihak tampaknya menilai keberadaanya dari perspektif posisinya sehingga merasa lebih benar dari yang lain.

“Komunikasi ketulusan tampaknya semakin tergerus sehingga berpotensi menimbulkan saling ketidakpercayaan (distrust),” ujar Emrus, Jumat (24/2/2017).

Menurutnya, ego sektoral antara pemerintah dengan Freeport, sengaja atau tidak, telah menimbulkan jurang komunikasi yang semakin jauh, bahkan bisa menjadi “bola” liar yang semakin sulit menemukan solusi koperatif.

“Karena itu, secepatnya harus dihetikan ego sektoral tersebut. Buka keran komunikasi koperatif, bisa melalui mediator, dengan meletakkan semua persoalan “di atas meja” (put on the table),” katanya.

Untuk itu, Emrus menyarankan harus dibangun komunikasi introspeksi antar para pihak, baik dari pemerintah maupun dari Freeport, dengan penuh ketulusan. (TK)

Comment