Home Politik Pengamat: Yang Ingin Perbarui Film G30S/PKI Itu Keluarga PKI

Pengamat: Yang Ingin Perbarui Film G30S/PKI Itu Keluarga PKI

Publik-News.com – Guru Besar Ilmu Politik sekaligus kritikus Film Salim Said menilai rencana pembuatan film baru G30S/PKI hanyalah sebuah omong kosong. Ia berpendapat hanya keluarga PKI yang ingin membuat film itu.

“Menurut firasat politik saya, yang mau mereka luruskan (sejarah Pengkhianatan PKI) itu PKI, keluarga PKI, simpatisan PKI. Mereka mau luruskan sejarah. Kalau mau luruskan sejarah, artinya sejarah sekarang salah,” kata Salim dalam diskusi di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Gondangdia, Menteng, Jakarta┬áPusat, Sabtu, (23/9/2017).

Sementara rencana pembuatan film G30S/PKI versi milenial itu datang dari usulan Presiden Jokowi. Namun, ia tidak percaya jika Jokowi merupakan pihak keluarga PKI yang ingin membuat film itu.

“Tapi banyak yang percaya (Jokowi keluarga PKI) dan itu menyusup ke tentara. Nah kalau saya Panglima TNI, saya jaga dong bawahan saya (dari susupan itu),” ucapnya.

Ia tidak mempermasalahkan film itu dibuat dengan versi baru, asalkan Panglima TNI menjamin jajarannya bersih dari Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu).

“Boleh buat film tapi Panglima harus punya alat untuk membersihkan dari Gestapu itu,” tandasnya.(Fq)

Comment