Pengendara Motor Ketahuan Bonceng 3, Polisi Ancam Tak Perbolehkan Mudik

Pengendara Motor Ketahuan Bonceng 3, Polisi Ancam Tak Perbolehkan Mudik

SHARE

Publik-News.com – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa mengaku akan menindak tegas bagi pemudik yang melanggar lalu lintas. Terutatama bagi pengendara sepeda motor yang ditumpangi lebih dari dua orang.

“Kami akan pengetatan di kapasitas penumpang. Tidak boleh bermuatan lebih, kalau itu dilakukan kami tindak. Tindakannya macam-macam ada yang disuruh balik atau tidak boleh melanjutkan perjalanan,” kata Royke di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan.

Selain itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor tidak tidak boleh membawa barang yang berlebihan. Karena hal itu bisa mengancam keselamatan.

Menurutnya, kelebihan muatan akan mempengaruhi kondisi fisik si pengendara. Berdasarkan survei seorang akademisi, pengendara sepeda motor akan kelelahan setelah menempuh perjalanan selama dua jam.

“Hasil survei mahasiswa program doktor Universitas Gajah Mada, transportasi sepeda motor itu setiap dua jam cape. Kemudian, dua jam setelahnya lebih cape lagi. Rawan untuk keselamatan mereka,” ujar mantan Kapolda Papua Barat itu.

Ia mengaku pihaknya akan menyiapkan bus untuk memindahkan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Bus ini dipersiapkan disetiap titik yang dianggap krusial. (Fq)

SHARE
Comment