Pengurus LKBHMI Cabang Jogja Resmi Dilantik

Pengurus LKBHMI Cabang Jogja Resmi Dilantik

SHARE

Publik-News.com – Kepengurusan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Mahasiswa Islam HMI Cabang Yogyakarta (LKBHMI) periode 2016-2017 resmi dilantik di Gebyok Coffee, Jl. Balerejo No.19, Muja-Muju, UH, Yogyakarta, Sabtu (25/3/2017) malam

Pelantikan bertema “Quo Vadis Penegakan Hukum di Indonesia”. Hadir dalam pelantikan ini sejumlah tokoh HMI, seperti Daris Purba, Yahya Ombara, Muhammad Iqbal, Kokok Sudan Sugiarto, dan KAHMI DIY yang diwakili Buyung M. Iqbal, BPL PB HMI, Kutua Umum HMI Cabang Yogyakarta, Ketua KOHATI, Lapmi Sinergi, dan disaksikan ketua-ketua komisariat secabang jogja, serta ratusan kader HMI lainnya.
Direktur Eksekutif LKBHMI, Dio Ekie Ramanda berharap LKBHMI mampu berperan untuk melaksanakan apa yang menjadi tugas-tugas pokok organisasinya melalui darma bakti kemasyarakatan yang berhubungan dengan hukum. Menurutnya, pengurus organisasinya yang baru dilantik ini akan selalu berupaya dalam pemenuhan kualitas iman, kapasitas keilmuan, serta pengalaman.

“Karena kita bersepakat dalam mewujudkan visi dan misi keorganisasian dengan semangat juang kader dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan memperjuangkan hak-hak masyarakat umumnya,” ujar Dio saat memberikan sambutan perdananya di atas podium.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan dan Kebendaharaan LKBHMI Latif Sanoto menambahkan, bahwa terbentuknya lembaga LKBHMI berdasarkan tuntutan zaman, dan merupakan pengembangan profesi bagi kader HMI Cabang Jogja.

“Lembaga bantuan hukum itu ada dua, yakni konfensional dan structural. Artinya lembaga ini tidak hanya dapat di isi kader yang memiliki disiplin ilmu hukum saja, namun juga akan melibatkan disiplin ilmu yang lain, baik social, politik, dan ekonomi. Sebab globalisasi ekonomi yang dimotori MEA masyarakat Indonesia harus memahami hukum ekonomi yang sedang berkembang dalam persaingan ekonomi global. Maka kita semua sebagai kader HMI dimintak untuk dapat mengawal dan melakukan transformasi aktif dengan masyakartnya. Itulah salah satu yang melatarbelakangi LKBHMI ini,” kata Latif.

Untuk diketahui, Kepengurusan LKBHMI yang dilantik ini adalah hasil Musyawarah Lembaga (MUSLEM) KE-1 di Gedung Pusat Kebudayaan Lafran Pane, Yogyakarta. Kepengurusan ini sudah mendapat surat keputusan pengesahan kepengurusan dari HMI Cabang Yogyakarta. (AN)

SHARE
Comment