Penyampaian Gelar Perkara Ahok Tak Melibatkan Pihak Luar

Penyampaian Gelar Perkara Ahok Tak Melibatkan Pihak Luar

SHARE

Publik-News.com – Mabes Polri akan menyampaikan hasil gelar perkara kemarin sekaligus kelanjutan proses hasil penyelidikan terkait dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Hari ini jam 10.00 Kabareskrim langsung akan menyampaikan hasil dari gelar perkara kemarin dilanjutkan penyampaian langsung dari Bapak Kapolri,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Rabu, (16/11/2016).

Dalam penyampaian hasil ini, dikatakan Boy tidak melibatkan pihak ekternal, pelapor atau terlapor tidak dilibatkan hanya internal penyidikan.

“Tidak ada yang unsurnya ekternal untuk diundang. Lebih kepada kesimpulan proses penyelidikan yang berjalan, termasuk mencermati hasil gelar perkara kemarin,” ujar Boy.

“Gelar perkara kemarin cukup dinamis. Secara subtansi kita melihat ada pandangan dari masing-masing pihak sesuai keahlian bidang masing-masing. Berwarna-warni, berbeda-beda jadi kita tunggu keputusan penyidik dari hasil pemeriksaan ahli terdahulu atau yang disampaikan saat gelar perkara,” sambungnya.

Dalam kesimpulan nanti Boy mengatakan akan ada dua opsi antara kasus diberhentikan atau dinaikan status penyelidikan menjadi penyidikan.

“Jadi opsinya dua aja. Dapat dinaikkan statusnya atau tidak. Kalau tidak (dinaikkan) diterbitkan surat pemberhentian penyelidikan. Jika ada bukti kuat untuk dilakukan penyidikan jadi kasus akan dinaikkan dari penyelidikan akan menjadi penyidikan kasus tersebut,” tutupnya.

Comment