Pihak Imigrasi Thailand Tahan Aktifis Pro-Dem Hongkong

Pihak Imigrasi Thailand Tahan Aktifis Pro-Dem Hongkong

SHARE

Publik-News.com – Otoritas Thailand menahan aktivis pro demokrasi Hongkong, Joshua Wong di bandara Suvarnabhumi, Rabu (5/10/2016). Penahanan Wong dilakukan setelah yang bersangkutan diketahui mengunjungi negeri Pagoda tersebut untuk menghadiri pertemuan dengan aktivis mahasiswa.

Ternyata, penahanan Wong ada yang menginginkan. Pihak imigrasi bergerak melakukan menggelandang Wong atas permintaan pemerintah China yang sejak awal menelisik aktifitas pergerakan politik Wong.

Aktivis Thailand Netiwit Chotipahatphaisal mengatakan pihak imigrasi Thailand segera menahan Wong setelah mendapat informasi dari pihak kepolisian setempat.

“Kami mencoba berkomunikasi dengan salah seorang polisi. Tetapi, tidak mendapat perkembangan informasi apapun,” kata Netiwit kepada media The Wall Street Journal.

Sementara itu, juru bicara kepolisian Thailand membantah pengakapan Wong atas permintaan China. Ia menerangkan saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan lanjutan.

Dari pihak Kementerian Luar Negeri China menyatakan adanya informasi terkait ditangkapnya Wong. Sebagaimana yang diakui pihak kepolisian Thailand, pemerintah China juga menolak dianggap sebagai pihak yang meminta supaya Wong ditangkap.

“Kami menghormati hukum yang berlaku di negara tersebut,” ujarnya. (Ahmad)

SHARE
Comment